Informatics Forum

Layanan Pemerintah yang ramah pada Rakyat

Posted on: December 13, 2008

Selama ini jika kita berurusan dengan birokrasi pemerintahan selalu saja pulang dengan muka masam diiringi rasa dongkol dan kesal. Sudah jangka waktu penyelesaiannya lama, diiringi mutu pelayanan yang jauh dari standard baku pelayanan masyarakat, serta kualitas sumber daya manusia yang tidak kompeten.

Sebenernya bukan jamannya lagi sekarang kita dibikin sibuk dengan ribetnya birokrasi, karena media dan piranti yang mensupport layanan pemerintah sekarang kebanyakan sudah menggunakan sistem elektronika, Sistem informasi, sebuah tools dibuat berdasarkan kebutuhan sistem guna mempermudah adminsitrasi dan layanan.

Visi layanan masyarakat oleh pemerintah, khususnya sebuah instansi harusnya diterapkan. Bisa kita lihat bagaimana kita mengurus KTP/KK dibandingkan kita ke customer care sebuah bank atau layanan jasa swasta. Di instansi pemerintahan kebanyakan kurang ada sense kesungguhan sebuah layanan.

Kontrol dan evaluasi, sebenernya ini yang kudu dikuatkan. Management bisa menilai sebuah layanan itu sehat dan bagus karena ada kontrol dan sistem evaluasi serta analisa masalah yang mengarah ke sistem perbaikan. Sikap dan langkah kepala instansi sangat dibutuhkan disini.

Sistem one stop service sebenernya sudah banyak diterapkan oleh banyak pemerintah, tetapi kurang dijalankan di lapangan. Meja dan birokrasi ribet masih berjalan di sana. Menyalahi aturan dasar sistem ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pages

Blog Stats

  • 131,473 hits

Category

Online

visitor stats
December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: