Informatics Forum

Software ERP Free Download

Posted on: January 16, 2008

Anda pasti udah kenal dengan aplikasi ERP (Entreprice Resource Planning), apalagi khusus untuk anda para professional dan kalangan eksekutif di bidang industri dan manajement. Dan Anda pasti sudah kenal semacam software-software ERP seperti : SAP dari Jerman, Oracle ERP dari Oracle atau software – software lain yang dibuat sendiri oleh perusahaan.

Tapi sudahkan anda tahu bahwa implementasi dan pembangunan dari software tersebut sangat mahal dan membutuhkan budget time yang banyak. Tetapi dari kalangan open sourcer telah menyediakan sebuah tools yang bisa di download dengan gratis alias free, tetapi mungkin kurang familiar dan kurang promosi, sehingga product ERP ini kurang dikenal.

Tetapi lumayan juga untuk penerapan di kantor anda, tetapi dengan sedikit catatan, masih banyak bugs dan perlu customisasi di beberapa tempat.Ya lumayan, hitung – hitung gratis.

Oh iya lupa, link untuk downloadnya ada disini :

1. Tiny ERP, http://www.tinyerp.org/

merupakan ERP yang simple dan mudah dipelajari, menggunakan database postgreSQL. dapat berjalan di platform Linux maupun Window$. modul modulnya cukup standard (seperti ERP kebanyakan/tempo dulu) sehingga untuk yang sudah biasa menggunakan aplikasi ERP lain akan dapat dengan mudah beradaptasi. Instalasinya pun sangat mudah, apabila anda
mempunyai PC yang sudah terinstall RedHat/ Fedora Core4 (atau clone Redhat yang lain) dan tersambung ke internet, maka tinggal ketik:
# yum install tinyerp maka TinyERP akan segera terinstall. kelemahan tinyerp adalah mungkin komunitasnya yang masih kecil sehingga, kalau ada masalah agak kelabakan cari support (tentu saja kalau membeli support dari tinyERP langsung akan lain ceritanya).

2. Web ERP, http://www.weberp.org/

Ini merupakan aplikasi opensource yang lumayan, dia berbasis web PHP menggunakan database mySQL. Pertama2 makai dia sangat sederhana. Sepertinya user interface yang agak membingungkan. Banyak fitur2nya, tetapi masih banyak bugs yang di temukan di beberapa tempat. Repot juga kalu diimplementasikan di kantor, perlu beberapa customisasi di beberapa menu tampilan. Proses install mudah, tinggal download, ekstrak ke htdocs web server dan running sql filenya, udah bisa jalan.

3. Compiere, ERP dan CRM,  http://www.compiere.com/

merupakan Opensource ERP yang pertama dan paling besar komunitasnya, menggunakan databse Oracle dan Sybase, dapat berjalan di platform Linux/Unix, maupun window$. Compiere menerapkan konsep baru ERP sehingga sedikit perlu waktu untuk adaptasi, terutama bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ERP standard. Compiere bisa diakses
secara remote maupun Web (masih versi beta). Meskipun cukup rumit pada awalnya, namun karena komunitasnya cukup besar (di indonesia bisa joint di milis indocompiere@ yahoogroups. com), sehingga dukungan support dari komunitas cukup kuat. Secara umum fituranya cukup lengkap, hanya saja untuk CRM dan Manufacturing masih sangat terbatas.

4. Adempiere, http://www.adempiere.com/

merupakan turunan dari Compiere yang dikembangkan oleh komunitas, hal ini muncul karena Compiere dipandang kurang mengakomodir keingininan komunitas. Menggunakan databse postgreSQL maupun Oracle. Karena baru saja “berpisah” dengan Compiere, maka fiturnya masih sangat mirip dengan Compiere.

5. Openbravo, http://www.openbravo.com/

merupakan turunan dari COmpiere juga, akan tetapi Full Web Base, sehingga sangat cocok untuk perusahaan yang   mempunyai banyak cabang yang berlainan kota / negara, karena mereka semua dapat mengakses system secara web base. Menggunakan databse PostgreSQL atau Oracle.  dapat berjalan di platform Linux maupun window$. Satu  kekurangan yang saya catat adalah, Openbravo meniadakan modul CRM, dan ini sangat saya sayangkan, karena meskipun CRM di Compiere cukup sederhana, namun fitur ini sangat bermanfaat.

Untuk catatan dan testimonial penggunaan ini dibutuhkan kontribusi dari teman-teman nich. Selamat mencoba barang mahal tapi gratis😀

beberapa tulisan dikuti dari chinmi.wordpress.com

6 Responses to "Software ERP Free Download"

yg saya rasakan dari ERP, adalah harus tidak punya celah. justru harus memiliki modul2 u/ integrasi.
ada tidak yg sperti itu? jadi, tidak masalah CRM tidak ada, namun bs menggunakan modul crm dr solusi lain
==
Sepakat bang

I need ERP software for training student

sangat tertarik…
klo isa ksih buku panduan zaaa n soft nya
email me thnks

Bisa ngak program ERP ini diplikasi dalam perkebunan kelapa sawit
I’m need study ERP
thank

Saya kira semua jenis ERP bisa dipakek di semua bisnis, tinggal perubahan2 pada modul untuk mencocokkan sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Soalnya bisnis yang satu dg yang lain pasti berbeda, tetapi nggak banyak2 amat.
Kalau di bisnis kelapa sawit, mungkin mengelola proses awal tanam, sampek panen dan rekap pendapatan dan pengeluaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pages

Blog Stats

  • 131,473 hits

Category

Online

visitor stats
January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: