Informatics Forum

Aplikasi Rekap Airport Tax/Penumpang Pesawat di Bandara

Posted on: January 15, 2008

Awal Januari ini saya dan istri pergi ke Bukit Tinggi untuk keperluan keluarga, soalnya ada ponakan yang nikah, Tapi saya nggak mau bercerita tentang nikahnya ponakan saya, tapi pengen membahas sebuah software di Bandara Minangkabau Padang yang tergolong “baru” dan mungkin masih satu-satunya program yang dipakai di Bandara se-Indonesia.

A. Software Pembayaran Airport Tax

Secara umum, pembayaran Airport tax di bandara kota2 besar seperti Jakarta,  Surabaya diberikan sebuah stiker ketika penumpang melakukan check in di loket maskapai. Dan tanda terima berupa stiker yang ditempelkan di boarding pass penumpang.

Tetapi ini beda, Bandara minangkabau menyediakan sebuah loket yang dijaga oleh petugas bandara, setiap kali penumpang mau masuk ruang tunggu harus membayar terlebih dahulu di loket.Setelah penumpang bayar, dia akan memberikan sebuah tanda terima sebuah kertas kecil yang ada tanda ID berupa barcode.

Sehingga bisa dianalisa di samping irit biaya stiker dan kertas,   program ini mencerminkan manajemen yang bagus dan akuntabilitas keuangan yang tertata. Pelaporan atas pendapatan aktual harus sesuai dengan jumlah pendapatan yang ada di sistem.

Berbeda dengan sistem stiker,  akuntabilitas dan pelaporan masih bisa diragukan kebenarannya. Monitoring juga tidak ketat atas uang yang masuk dan yang keluar.

Mengingat pendapatan pada sektor ini saja bisa menyumbang pada APBD sebesar 5 – 10 Milyar setahun. Luar biasa, kalau tidak dimonitoring dengan baik, wah bisa menjadi bancaan para koruptor bandara.(semoga tidak)
B. Software Scan Kedatangan Penumpang di Ruang Tunggu Bandara

Sebenernya pertama kali ngelihat, lucu juga ngelihat aplikasi ini. Kesan proyek mengada-ada sungguh kelihatan,  soalnya program ini sepertinya dipaksakan, dan manfaatnya kurang terlihat.

Manfaatnya mungkin cuma memeriksa apakah penumpang yang akan masuk sudah bayar airport tax apa belum, soalnya setiap penumpang diharuskan melakukan scan barcode airport tax receive  ke dalam sebuah alat scan, jika program tidak mengenali atau petugas yang memeriksa mengetahui penumpang tidak punya airport tax receive, dia akan menolak penumpang itu.

Tapi secara unik, bolehlah. Saya seneng sesuatu yang unik. Tapi mind set menghambur2kan duit ini yang harus dibasmi.

2 Responses to "Aplikasi Rekap Airport Tax/Penumpang Pesawat di Bandara"

Hallooooo……!!!
Saya butuh informasi biaya airport tax bandara diseluruh indonesia, bagi teman – teman yang memiliki informasinya mohon balas ke- Email saya. ( andre_asmi@yahoo.co.id) terima kasih……………..!!!?

selamat siang teman2
Saya lagi mengerjakan tugas data base penumpang pesawat bingung membuat design Database ke Sqlnya tolong dibantu donk E-mailku(nurilman@yahoo.com)
terima kasih banyak atas atensinya
===
Wah mas nuriman, emang kita2 disini available terima orderan? Hehehe
Kalau membuat desain database bagusnya didetailkan dulu proses-prosesnya. Apa saja yang akan dimasukkan dalam sistem kita.
Kalau berdasarkan asumsi saya untuk membuat desain Database Penumpang Pesawat ada beberapa proses di dalamnya :
1. Penumpang
2. Tiket
3. Check In
4. Jadwal Keberangkatan dan Jadwal Kedatangan
5. Maskapai
6. Pembelian Tiket Pesawat
Sepertinya tidak jauh dari itu saja.
Untuk desain databasenya tinggal melengkapi atribut dan relasi antar table saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pages

Blog Stats

  • 131,473 hits

Category

Online

visitor stats
January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: